Senin, 25 September 2017

Kenapa Belajar Bahasa Arab bagi Orang China adalah Hal Yang Sulit?



Bahasa Mandarin dan Bahasa Arab

Bahasa Mandarin

Pertama-tama Bahasa Mandarin bukan kelompok bahasa atau etnis yang sama dengan bahasa Arab.  Urdu misalnya mungkin pengguna bahasa Urdu akan merasa sangat mudah untuk belajar bahasa Arab karena bahasa induk mereka menggunakan abjad Arab (alfabet) dalam penulisannya, karena kelompok etik Muslim mayoritas memiliki keterpaparan yang tinggi terhadap bahasa Arab dari Alquran dan fakta bahasa mereka adalah orang Turki dan memiliki banyak kata kunci bahasa Perso-Arab. Dengan demikian kelompok ini kemungkinan akan mengalami sedikit kesulitan sementara orang Arab yang belajar Urdu hampir tidak memiliki sumber daya untuk digunakan. Sebenarnya itu tergantung dari bahasa induk mereka. Jika abhasa sehari- sehari mereka menggunakan alfabet arab, maka akan semakin mudah untuk mempelajarinya. 



 

Bahasa Mandarin
Namun bahasa Tionghoa tidak menggunakan alfabet Arab, mereka memiliki alfabet sendiri yang sistem kerjanya sangat berbeda dari bahasa Arab. Sebagai pembicara bahasa Mandarin, mungkin itu bukanlah hal yang mustahil untuk mempelajari bahasa Arab. Seorang pembicara bahasa Arab yang fasih dalam mempelajari Bahasa Mandarin (dan yang akan menjadi relevan denga bahasa Jepang) setidaknya dapat diketahui bahwa untuk dapat belajar bahasa Arab bagi penutur bahasa Mandarin akan lebih sulit dan bahkan mungkin akan memakan waktu sedikit lebih lama dan akan melibatkan lebih banyak Penghafalan sama seperti sistem penulisannya bersifat ideografis. Bahasa Arab lebih bersifat gramatikal daripada bahasa Mandarin dan memiliki fonem yang lebih tidak dikenal untuk pembicara mandarin namun bahasa mandarin memiliki nada suara.

Bahasa Mandarin
Satu hal lain yang mungkin dapat disimpulkan adalah faktor bahwa sumber belajar mandarin jauh lebih banyak daripada bahasa Arab sehingga sementara orang Arab bisa belajar bahasa Mandarin dengan bahasa Arab, maka juru bicara bahasa Mandarin hampir pasti harus belajar bahasa Arab dalam bahasa Inggris (atau beberapa bahasa lain tapi bahasa Inggris mungkin bahasa yang paling mudah dipelajari untuk pembicara bahasa Mandarin yang memiliki sumber daya bagus, apalagi bahasa Inggris adalah bahasa resmi Internasional). Sehingga bagi pembicara bahasa Mandarin yang ingin memulai belajar bahasa Arab sebaiknya di terjemahkan dahulu ke bahasa Inggris.



 
Bahasa Mandarin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar